Sabtu, 01 Juni 2013

Pengantar Minum Racun (PMR)




Pengantar Minum Racun atau disingkat PMR ini merupakan band dangdut legendaris era 80 akhir. Vokalis dari PMR, Jhonny Iskandar mungkin lebih banyak dikenal sama masyarakat karena penampilannya yg selalu nyentrik dengan rantai kaca matanya. PMR mungkin lebih pantas disebut Dangdut Komedi. Bisa dibilang mereka salah satu pelopor genre ini di samping Pancaran Sinar Petromak (PSP). Jejak mereka juga banyak diikuti oleh band2 belakangan ini seperti Pemuda Harapan Bangsa (PHB).

Sebetulnya apa sih yg menjadi kekuatan album mereka ini ? Cukup simple kok.. kekuatannya ada pada orisinilitas musik mereka dan mereka bermain tanpa beban.. tanpa takut dibilang norak atau kampungan. Mereka main betul2 lepas, cuek, pokoknya semua yg ada di kepala.. itu semua dilantunkan ke dalam lagu. Kadang lirik2 mereka terkesan asal2an, sekenanya dan yg pasti lirik mereka sangat mengocok perut. Lucunya bener2 abis2an. Selain itu, lagu2 di album ini sebagian besar adalah lagu ciptaan orang lain, tapi mereka bisa buat sehingga lagu2 ini khas PMR.

Album ini dibuka dengan hit mereka jaman dulu.. "Judul Judulan", yg konon sempat dicekal oleh Deppen RI di kala itu karena liriknya dinilai terlalu vulgar hahaha. Padahal sih kalo kita perhatiin liriknya, biasa2 aja.. biasalah Deppen suka over. Itu lirik isinya lucu banget apalagi cara mereka membawakan lagunya. Di lagu ini mereka bener2 hebat membangun nuansa musiknya, serasa kita itu benar2 berada di depan panggung nonton PMR. Entah mereka sample atau apa.. tapi lucu banget pas denger suara riuh penonton bersorak sorai hahaha. Belum lagi sambil nyanyi 'Torerojing torejing torejing" Huehuehuehue. Gila.. ini track paling edan dan nendang deh.

Track kedua, judulnya Bintangku Bintangmu. Ini juga lucu banget. Ceritanya tentang tebak2an bintang. Terus ceritanya ini mereka lagi sambil latihan mainin ini lagu. Tiba2 ada yg nyeletuk "Waduh.. salah tuh.. siapa nih yg buat ?" Hahahaha.. pokoknya lucu banget. Betul2 asal lagi jawaban2 dari setiap bintangnya heuheue.

Track ketiga, Jamilah. Nah ini cover dari lagu dangdut yg udah cukup lama. Di sini mereka membawakan lagu ini dengan nada sendu tapi tetap aja ga kuat nahan ketawa dengerin suara vokalnya Jhonny

Track keempat, Istilah Cinta. Nah ini dia.. kamus cinta ala PMR hahahaha. "Istilah Cinta" ini sebetulnya ciptaan dari Obbie Messakh, tapi mungkin karena dibawakan oleh PMR jadinya makin 'sakit' lagunya. Gila ya.. gue sebelumnya udah cukup sering denger istilah2 aneh ini tapi baru tau kalo ternyata mereka yg jaman dulu populerin istilah2 tersebut. Kayak Cileduk (Cinta Lewat Dukun), Romantis (Rokok Makan Gratis), Jeki (Ngejek sampe Keki). Hahahaha.. edan2 deh istilahnya... dan dijamin ngakak ga berhenti dengerin track yg ini.

Track kelima, Gubuk Derita.. ini juga cover lagu orang. Di sini vokal Jhonny Iskandar dipaksain jadi vokal cewe heuheuhe. Aduh.. ini juga ga boleh dilewatin.

Di side A ini.. lucunya ada bonus, bonusnya adalah Judul-Judulan versi kedua. Entah kenapa ada 2 versi, tapi Judul-judulan di sini liriknya beda. Mungkin versi lebih sopannya kali yah hehe.

Nah di side B,kita langsung dikasih sama satu lagu konyol lagi.. judulnya Duit-Duitan. Ini juga salah satu nomor favorit gue. Di mana mereka sebutin kepanjangan dari DUIT itu apa aja. Yg paling lucu pas mereka bilang T.. hahah bilangnya kayak tukang sate lewat huehueuhe.

Berikutnya, Pergi Tanpa Pesan.. ini ciptaan Ellya Khadam.. mungkin masih inget sama dia.. salah satu pelopor penyanyi lagu2 India di Indonesia. Intronya lucu.. udah kayak jango aja intronya hehe. Di sini nuansa lagunya sendu dan lirik2nya pedih..

Antara Cinta & Dusta, ini liriknya juga gila terutama di bagian awal.
"Jan. Hujan datang lagi... angkatin jemuran yg kau jemur tadi"
"Panas datang lagi... jemur pakaian yg kau angkat tadi"
"Kalau hujan lagi... engkau angkat lagi... sebaiknya kau bakar di api"
Selebihnya.. kalo dengerin liriknya, lumayan sedih juga.. isinya realitas sosial di Indonesia, tentang orang banjir yg harus ngungsi kemana2.

Dua nomor terakhir "Boneka India" dan "Hey Katanya" juga ga kalah lucu dan menarik dengan nomor2 sebelumnya.

Secara keseluruhan, album ini sangat sangat lucu. Ini salah satu obat gue kalo gue lagi banyak pikiran dan pusing... biasanya ilang setelah dengerin album ini haha. Album ini walaupun slengean dan kedengerannya asal nyeletuk kanan kiri.. tapi banyak juga kok pesan sosialnya. Seakan2 yg mereka lantunkan adalah gambaran kehidupan sosial kebanyakan rakyat Indonesia yg masih di bawah garis kemiskinan. Yep.. banyak realita sosial tersirat. Album ini berani gue bilang sebagai album masterpiece, karena gue rasa sampai saat ini masih jarang yg bisa membuat konsep album yg bener2 lepas tanpa beban, natural dan konyol gila2an begini.
Tapi sayangnya.. album ini sudah sangat langka dan gue dapetinnya lagi betul2 untung.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar